Satgas Covid-19 Kelurahan Wirobrajan Gelar Rapat Pembentukan Posko PPKM Berbasis Mikro

Teropongpost, Yogyakarta, –Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Wirobrajan menindaklanjuti Instruksi Walikota Yogyakarta tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Virus Covid-19 Ditingkat Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Level kecil itu setingkat RT, RW, dan Kampung yang tersebar di Kelurahan seluruh Kota Yogyakarta. Satgas Covid-19 Kelurahan Wirobrajan menggelar rapat koordinasi dengan Lurah, Babinsa Koramil 10/Wirobrajan, Babinkamtibmas, LPMK, KTB, Karang Taruna, PKK serta Tokoh Masyarakat terkait. Rabu, (10/2/2021).

Rapat membahas pelaksanaan Pembentukan Pos Komando (Posko) Tangguh Covid-19 tingkat Kelurahan, Kemantren Wirobrajan.

“Hal ini bentuk upaya penguatan penanganan Covid-19 oleh pusat dan daerah, yang terdesentralisasi hingga tingkat mikro, melalui posko tingkat desa atau kelurahan,” ucap Lurah Wirobrajan Sri Suwardani, S.Sos.

“Posko tangguh itu memiliki fungsi mengkoordinasikan, mengendalikan, memantau, mengevaluasi, serta mengeksekusi penanganan Covid-19 di masing-masing wilayah RT/RW.” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Komandan Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta menjelaskan, Unsur posko Covid-19 tingkat Kelurahan terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kelurahan dan unsur lain yang digerakkan oleh Kelurahan seperti KTB, Puskesmas, PKK, Tomas, dan komunitas lainnya, di bawah komando Satgas Covid-19 Kelurahan.
“Ada sejumlah fungsi yang harus dijalankan posko tangguh tersebut. Utamanya, menggencarkan penerapan 3M dan 3T.” Ungkap Danramil.

“Pada prinsipnya, Posko Covid-19 tingkat Kelurahan ini berfungsi mempermudah proses perubahan perilaku, peningkatan kesehatan masyarakat, kesejahteraan sosial dan pemulihan ekonomi,” tegas Serda Tri Maryaka Babinsa Kelurahan Wirobrajan.

Sementara itu Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan pun mengatakan, “Kiranya dengan bantuan Pemerintah Daerah dan masyarakat, Posko Covid-19 akan menjadi ujung tombak penanganan Covid-19 di Kelurahan,” imbuhnya. (Akrom)