Sosialisasi Akbar & Peresmian Bank Infaq Masjid Raya Bintaro Jaya

Teropongpost, Tangerang, – Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta, Sandiaga Uno meresmikan Bank Infaq Masjid Raya Bintaro Jaya pada Jum’at, 6 September 2019 di Masjid Raya Bintaro Jaya, Jl. Maleo Raya Bintaro sektor 9 Tangerang Selatan.

Acara yang dilaksanakan di lantai 2 Masjid tersebut dibuka oleh Ketua Umum MES DKI Jakarta, Rezza Artha. Reza mengatakan bahwa Bank Infaq berbeda dengan Bank lainnya. Bank Infaq bukanlah “Bank” sebagaimana ada dalam UU perbankan, tetapi hanya brand atau julukan saja. “Kata Bank dalam Bank Infaq mengacu pada kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana, yaitu menghimpun Infaq dan menyalurkan Qardh, yaitu Akad pinjaman dari pemberi pinjaman (Muqridh) kepada pihak tertentu sebagai penerima pinjaman (Muqtaridh) yang wajib dikembalikan dengan jumlah yang sama tanpa ada tambahan biaya apapun,” jelas Rezza.

Dengan adanya Bank Infaq ini di harapkan agar masyarakat khususnya Umat Islam dapat terbebas dari Riba, dimana adanya Bank Infaq ini dapat menjadi solusi bagi anggotanya dalam membangun sebuah usaha perekonomian yang mandiri tanpa harus meminjam modal dari Bank komersial atau pinjaman Online juga Permodalan lainnya yang memiliki prosentase bunga cukup tinggi.

“Bank Infaq memiliki Visi sebuah gerakan yang dapat menjadikan masyarakat lebih berdaya dan mandiri melalui akses keuangan tanpa riba dan pemberdayaan dua sisi serta peningkatan Iman dan Taqwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Sedangkan Misinya, menyediakan akses pinjaman syariah produktif mikro biaya nol yang bersumber dari penggalangan dana infaq, menyediakan sarana dan prasarana Majelis Ta’lim untuk pemberdayaan anggota, memasyarakatkan infaq sebagai sarana menanggapai pertolongan dan balasan dari Allah, memasyarakatkan budaya tolong-menolong dalam kebajikan serta transparan, akuntabel, mandiri, bertanggung jawab dan wajar”, lanjut Rezza.

Sandiaga Uno sampai di Masjid Raya Bintaro Jaya sekitar pukul 17.00 terjadi keterlambatan dari waktu yang di jadwalkan. Meskipun begitu, masyarakat dan tamu undangan tetap antusias menyambut mantan wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga sempat turut berkompetisi sebagai Cawapres dalam Pilpres 2019 lalu.

Beliau mengatakan bahwa, Ini merupakan solusi konkret pengelolaan infaq yang profesional, dalam membebaskan masyarakat dari himpitan rentenir, terutama pinjaman online. Melalui Bank Infaq, masyarakat dan pelaku UMKM yang membutuhkan biaya, tidak perlu meminjam uang ke Pinjol (Pinjaman Online) yang menawarkan kredit berbiaya sangat tinggi, tetapi datang ke komunitas Bank Infaq. “Masyarakat tidak tahu bahayanya kredit berbiaya tinggi, sehingga terjerat dan menimbulkan konflik sosial, ini yang coba kita selesaikan, pinjaman tanpa bunga, tanpa riba, berbasiskan masjid,” jelas Sandi kepada awak media.

Penandatanganan Prasasti Bank Infaq Masjid Raya Bintaro Jaya dilaksanakan menjelang adzan Maghrib, ditutup dengan doa dan sholat maghrib berjamaah.(Tini/Arga)