Tanggap Karhutla, Koramil Jungkat Digandeng PT. MSL untuk Beri Keterampilan Pemadaman

Teropongpost, Mempawah, –Koramil Jungkat digandeng PT. Muara Sungai Landak (MSL) untuk memberikan keterampilan pemadaman lahan maupun hutan yang terbakar.

Danramil Jungkat Kapten Arm. Buntoro mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah menjadi isu nasional yang berdampak sangat besar terhadap kelestarian lingkungan, kesehatan, bahkan perekonomian masyarakat.

“Karena itu, diperlukan hubungan baik antara pemerintah, masyarakat dan perusahaan untuk sama-sama mencegahnya. Sehingga setiap ada persoalan kebakaran hutan dan lahan bisa diatasi bersama. Pelatihan ini adalah salah satu wujud hubungan baik itu,” kata Kapten Buntoro, Rabu (27/1/2021).

Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan ini personil pemadam kebakaran akan lebih memahami tentang pengendalian kebakaran baik secara teori maupun praktik dilapangan.

“Dalam pelatihan ini ada materi konsep dasar pengendalian kebakaran, teknik dan strategi pemadaman, penanganan pasca kebakaran, pengenalan peralatan pemadam kebakaran serta praktik pemadaman. Jadi saya minta diperhatikan betul-betul, supaya kalau ada kebakaran bisa mengatasi,” ujarnya.

Pelatihan bagi pemadam kebakaran ini digelar selama dua hari dan diikuti tiga puluh peserta. Selain Koramil Jungkat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, Manggala Agni Daops Kalimantan VIII/Pontianak dan Polsek Jungkat juga terlibat dalam pelatihan ini. (RI)