Tim Gugus Covid-19 Kec. Cikulur Kawal PKM Pamandegan Laksanakan Vaksinasi Sinovac Covid-19

Teropongpost, Lebak, –Satuan tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Cikulur yang terdiri dari unsur Muspika Kecamatan Cikulur, Satpol-PP, Polsek Cikulur, dan Koramil 0302/Warunggunung, serta Posmil Cikulur melakukan pengawalan dan pengamanan pelaksanaan Vaksin Sinovac Covid-19 kepada tenaga kesehatan yang di laksanakan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Pamandegan di Desa Cikulur Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Banten. Selasa, (26/01/2021).

Tim gugus yang hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut yakni Camat Cikulur Dr. Iyan Fitriyana SHi Mpd, Kasatpol-PP Kec. Cikulur Noryatna SE MSi, Kapolsek Cikulur AKP H. Rohimat beserta anggotanya, serta Danramil 0302/Wrg Kapten Inf Iyan Tirtayasa beserta Anggotanya.

Penyuntikan Vaksin pertama disuntikan langsung kepada Kepala PKM Pamandegan H. Saeful Amd Kep., Lalu diikuti tenaga kesehatan di PKM Pamandegan.

“Alhamdulillah sementara ini sudah sebelas tenaga kesehatan yang sudah di Vaksin pertama saya lalu di ikuti tenaga kesehatan yang lain. Untuk keseluruhan ada empat puluh empat (44) tenaga kesehatan di PKM Pamandegan ini. Dan yang belum di Vaksin nanti menyusul karna ada yang tugas malam juga,” kata H. Saeful kepada media disela-sela kegiatannya

H. Saeful juga menjelaskan untuk Vaksinasi tersebut diberikan sebanyak dua kali pemberian, untuk yang kedua akan di berikan 14 hari kemudian sejak vaksin pertama di lakukan. Dan untuk kriterianya vaksin tersebut di berikan kepada mereka yang sehat fisiknya dan tidak ada penyakit penyerta.

“Yah untuk vaksin diberikan kepada mereka yang sehat fisiknya dan tidak ada penyakit penyerta atau Seperti ibu hamil, menyusui, dan kanker serta gangguan imuns dan sebagainya.” jelasnya

“Bagi yang di luar kriteria tadi, kita tidak lakukan vaksin, nanti ada ketentuan khusus seperti apa nanti mungkin kedepannya tapi yang jelas sesuai dengan intruksi pada saat ini kalau ada penyakit penyerta nya tidak di berikan dulu pada saat ini,” Terangnya

Hermawan salah satu tenaga kesehatan di PKM Pamandegan yang sudah melakukan Vaksin menyampaikan dirinya setelah di suntik Vaksin tidak merasakan gejala mual atau pun pusing.

“Alhamdulillah setelah disuntik Vaksin, saya tidak merasakan mual atau pusing aman pokoknya. Hanya terasa pegal sedikit aja dibekas suntikan,” Ujar Hermawan saat ditanya awak media setelah 30 menit penyuntikan.

Sementara itu Camat Cikulur Dr. Iyan Fitriyana, mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi yang setinggi tingginya kepada Kepala Puskesmas dan keluarga besar Puskesmas Pamandegan yang telah melaksanakan Vaksin Sinovac Covid-19.

“Ini menjadi ikhtiar kita bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan pada tahap berikutnya akan ada giliran untuk teman-teman TNI POLRI dan juga kita selaku pemerintah sipil,” kata Dr. Iyan

“Untuk kesiapan kami sudah berkoordinasi dan membangun komitmen atas nama gugus Kecamatan, Kapolsek, Danramil dan juga rekan-rekan Kepala Desa, kita sudah menyiapkan pada tahapnya nanti pelakasanaan vaksin itu akan diikuti oleh kami semua.” Pungkas Dr. Iyan (Agus)