TNI dan Warga Kerja Bakti, Nyebur Sungai Bersihkan Eceng Gondok

Teropongpost, Jepara, –Memasuki musim penghujan guna mengantisapasi banjir, anggota Koramil 06/Welahan melaksanakan kerja bakti membersihkan eceng gondok yang berada di Sungai SWD 1 di Desa Kedungsarimulyo, Kecamatan Welahan. Kamis, (28/1/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan mengingat hujan sudah mulai turun dengan instensitas yang cukup tinggi dan untuk menghindari aliran sungai SWD 1 tertutup oleh tanaman liar tersebut.

Sebanyak 4 orang anggota Koramil 06/Welahan yang dipimpin oleh Sertu Ali Madhkan bersama warga nyebur ke sungai membersihkan tumpukan eceng gondok yang kian tumbuh subur di sepanjang permukaan sungai SWD 1.

Kegiatan yang diprakasai oleh Danramil 06/Welahan Kapten Inf Mashudi ini mendapat respon baik dari warga desa Kedungsarimulyo itu dibuktikan adanya sejumlah warga yang ikut nyebur melakukan pembersihan.

“Kita bersama warga melaksanakan kerja bakti ini untuk mengantisipasi banjir dan memberikan kesadaran bagi masyarakat supaya lebih peduli dengan kebersihan sungai, dan ini kita lakukan sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat.” Kata Danramil.

Selain itu, Kapten Inf Mashudi juga berharap air yang mengalir nantinya akan lebih lancar, Dengan pembersihan enceng gondok dan sampah-sampah yang ada di sungai, diharapkan potensi terjadinya banjir dapat diminimalisir.

kepada Babinsa yang mempunyai wilayah desa Kedungsarimulyo akan senantiasa memantau aliran sungai SWD 1 ini akibat tanaman liar eceng gondok yang berdampak negatif pada masyarakat.
“Sehingga lahan pertanian petani dapat digunakan untuk bercocok tanam kembali akibat aliran sungai SWD 1 tersumbat oleh eceng gondok.” Ujar Danramil.

Sementara Petinggi Desa Kedungsarimulyo menambahkan pembersihan tanaman liar eceng gondok ini sebagai langkah awal mengantisipasi terjadinya banjir dan memperlancar aliran air sungai dari eceng gondok.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan anggota Koramil 06/Welahan yang telah bersama-sama membersihkan tanaman eceng gondok yang menyumbat aliran sungai SWD 1, semoga dengan adanya kegiatan ini akan lebih mempererat tali silahturahmi antara pemerintah Desa kedungsarimulyo dengan anggota Koramil 06/Welahan.” Pungkasnya (Akrom)