Warga Desa Sangkanhurip, Sambut Baik Ajakan Dansektor 7 Terkait Ketahanan Pangan

Teropongpost, Kab. Bandung, –Dengan menerapkan Protokol Kesehatan, Satgas Citarum Sektor 7 kembali menggelar Sosialisasi lanjutan Citarum harum di Kp. Bojong Tanjung RT 02/16 Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Jum’at, (10/072020).

Seperti di Desa Dayeuhkolot, Sosialisasi kali ini dilaksanakan dipinggir aliran sungai Citarum, hal itu dimaksudkan supaya warga bisa melihat secara langsung progres yang sudah dilakukan oleh satgas Citarum selama dua tahun lebih bekerja.

Disampaikan Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi pada awak media bahwa Satgas sudah bekerja untuk Citarum dari tahun 2018 sesuai dengan Perpres, selama bekerja mengembalikan Ekologi Citarum, apabila tidak bisa melibatkan warga maka program apapun tidak akan berhasil.

“Saya ajak langsung warga bersama satgas Citarum Harum menata bantaran Desa Sangkanhurip untuk ditanami sayuran yang usia panennya pendek seperti Burkol, bayam, langsung, selada dan lainnya, hal itu dimaksudkan supaya warga ikut menjaga habibat Citarum dari tangan jahil pembuang sampah,” ujar Dansektor.

Dalam upaya melibatkan warga, sebagai Satgas selesai melakukan kegiatan rutin dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi, baik melalui undangan maupun datangi langsung beberapa kelompok potensial masyarakat, pemanfaatan bantaran Citarum utamanya untuk meningkatkan perekonomian warga.

“Apabila tanahnya kurang subur, kita juga sudah siapkan Bios 44 yang bisa diambil di demplot Sektor 7 dan itu gratis,” terangnya.

“Sudah saatnya bantaran Citarum menjadi bagian dari program ketahanan pangan, agar warga bisa ikut serta menjaga ekologi aliran sungai Citarum,” Jelas Dansektor.

Sosialisasi lanjutan Citarum, selain dihadiri Dansektor 7, turut hadir Camat Katapang yang diwakili oleh Sekmat Katapang, Danramil Pameungpeuk Kapten Inf Siswanto, Kades Sangkanhurip Aan Tirtagandana, Tim Gugus Covid Desa Sangkanhurip, BPBD, PPM, Tokoh Masyarakat dan Agama, serta warga sekitar.

Dalam sambutannya, Kades Sangkanhurip Aan Tirtagandana menyampaikan terima kasihnya pada Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi beserta jajaran yang sudah bekerja total mengembalikan kondisi Citarum.

“Program Citarum harum sinergis dengan program desa tentang tata pengelolaan sampah, saya sebagai kades mengajak seluruh warga masyarakat untuk mendukung program Citarum, terutama dalam hal ketahanan pangan,” tutur Aan Tirtagandana.

“Dengan hadirnya satgas Citarum semoga sungai Citarum kembali seperti dahulu kala, sebagai sungai yang menjadi pusat perekonomian warga, baik dibidang pertanian, perikanan maupun perdagangan,” harap Kades Sangkanhurip.

“Dan satu lagi, kami sangat berharap disini dibangun saung tempat edukasi, juga sebagai kontrol warga untuk ikut mengawasi kebersihan,” pungkas Kades Aan. (Akrom)

Leave a Reply

Your email address will not be published.